Empty

Total: 0 IDR

Resep Tradisional Madu Untuk Kesehatan

Resep Tradisional Madu Untuk Kesehatan

Sebelum antibiotik ditemukan di tahun 1930-an, madu masih digunakan dalam perawatan berbagai penyakit. Dengan beralihnya manusia ke pengobatan modern, madu kian tersisih perannya. Belakangan ini ketika banyak bakteri menjadi resisten terhadap obat-obatan, banyak orang “kembali ke alam” dengan memanfaatkan madu dalam pengobatan.
Berikut adalah beberapa manfaat madu bagi kesehatan :

1. Obat luka dan borok.
Madu selama berabad-abad telah digunakan untuk perawatan luka dan borok. Madu berisi glukosa dan enzim yang disebut oksidase glukosa. Pada kondisi yang tepat, oksidase glukosa dapat memecah glukosa madu menjadi hidrogen peroksida, zat yang bersifat antiseptik kuat. Madu dalam kemasan tidak dapat melakukan reaksi ini. Untuk menjadi aktif dan mengurai glukosa madu, oksidase glukosa memerlukan lingkungan dengan pH 5,5-8,0 dan natrium. PH madu murni yang berkisar antara 3,2 dan 4,5 terlalu rendah untuk mengaktifkan enzim. Kulit dan cairan tubuh (misalnya darah) memiliki pH relatif tinggi dan mengandung natrium sehingga memberikan kondisi yang tepat untuk pembentukan hidrogen peroksida.

2. Merangsang pertumbuhan jaringan
Propolis, enzim, dan serbuk sari, vitamin dan mineral dalam madu dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru. Bila digunakan pada luka bakar, madu akan mempercepat penyembuhan dan mengurangi jumlah jaringan parut.

3. Menghaluskan kulit
Asam glukonat dan asam organik ringan lainnya yang terdapat dalam madu dapat melonggarkan ikatan sel-sel kulit mati sehingga mempercepat regenerasi, mengurangi keriput dan garis penuaan, menyeimbangkan minyak, dan meningkatkan elastisitas kulit. Madu juga mengandung gula dan asam amino yang membantu mempertahankan kelembaban kulit.

5. Antioksidan kuat
Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Bahkan, antioksidan yang disebut “pinocembrin” hanya ditemukan dalam madu. Hal ini membuat tubuh Anda lebih sehat, terhindar dari penyakit dan terlihat lebih awet muda.

6. Menurunkan glukosa dan kolesterol darah
Meskipun lebih manis dari gula, madu memiliki indeks glikemik rendah karena diserap ke dalam aliran darah secara bertahap. Anda yang memiliki diabetes harus mengurangi makanan berindeks glisemik tinggi karena akan mendorong lonjakan glukosa darah.
Madu adalah alternatif pemanis yang paling aman dibandingkan gula atau gula sintetis. Beberapa penelitian bahkan menduga madu dapat menurunkan glukosa darah. Mineral dan vitamin alami dalam madu juga membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk) dalam tubuh.

7. Meringankan penyakit pernafasan
Madu sangat efektif untuk penyakit pernapasan. Sebuah studi di Bulgaria pada hampir 18.000 pasien menemukan bahwa madu membantu mengatasi bronkitis kronis, bronkitis asma, rinitis kronis, alergi dan sinusitis. Madu adalah obat yang efektif untuk pilek, flu, dan infeksi pernapasan.

Selain ketujuh manfaat di atas, madu secara keseluruhan sangat baik untuk Anda karena mengandung banyak sekali vitamin dan mineral. Madu berwarna gelap mengandung jumlah nutrisi yang lebih tinggi daripada yang berwarna lebih terang. Sebaliknya, gula pasir tidak memiliki nutrisi atau antioksidan sama sekali. Jadi, mengganti gula dengan madu sebagai pemanis memiliki banyak keuntungan.

Madu memiliki kekuatan menyembuhkan yang luar biasa. Berikut ini adalah resep tradisional turun temurun dimana madu dimanfaatkan manusia untuk menjaga maupun untuk memulihkan kesehatan

  1. KERONTOKAN RAMBUT
    Orang yang mengalami kerontokan rambut atau kebotakan dapat memakai campuran minyak zaitun panas, 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis sebelum mandi. Oleskan di kepala dan diamkan selama kira-kira 15 menit setelah itu baru dibasuh. Penelitian itu juga membuktikan ramuan yang didiamkan dikepala selama 5 menit pun tetap efektif.
  2. INFEKSI KANDUNG KEMIH
    Campurkan 2 sendok makan bubuk kayumanis dan 1 sendok teh madu ke dalam segelas air suam-suam kuku. Setelah itu diminum. Ramuan ini membunuh kuman-kuman dalam kandung kemih.
  3. SAKIT GIGI
    Buat campuran 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 5 sendok teh madu.
  4. KOLESTEROL
    Kadar kolesterol darah dapat diturunkan dengan 2 sendok makan madu dan 3 sendok teh bubuk kayu manis yang dicampur dalam 16 ounce (16 kali 28 gram kira kira 1 pon = 454 gram) air teh. Ramuan ini dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah sampai 10 persen dalam 2 jam. Madu murni yang diminum sehari-hari meringankan gangguan kolesterol.
  5. PILEK
    Pilek ringan dan berat dapat disembuhkan dengan 1 sendok makan madu suam-suam kuku dan ¼ sendok teh bubuk kayu manis setiap hari selama 3 hari. Ramuan ini dapat menyembuhkan hampir semua batuk dan pilek kronis serta membersihkan sinus.
  6. MANDUL
    Pengobatan Yunani dan Ayurveda telah menggunakan madu selama bertahun-tahun untuk memperkuat semen (air mani = sperma) para pria. Dua sendok makan madu yang diminum secara teratur sebelum tidur akan berefek menyuburkan. Wanita Jepang, Cina dan Asia Timur yang sulit hamil dan ingin memperkuat rahim, lazim mengkonsumsi bubuk kayu manis sejak berabad-abad lalu.

    Wanita yang sulit hamil sebaiknya sesering mungkin mengoleskan madu dan sesendok teh bubuk kayu manis pada gusinya. Kayu manis akan bercampur dengan air ludah dan memasuki tubuh. Ada pasangan suami istri dari Maryland tidak memiliki keturunan selama 14 tahun dan nyaris putus asa. Ketika mengetahui khasiat kayu manis dan madu, mereka mengkonsumsi ramuan tersebut. Sang istri mulai mengandung dan melahirkan bayi kembar.

  7. SAKIT PERUT
    Madu yang dicampur bubuk kayu manis dapat mengobati sakit perut. Juga dapat membersihkan perut, serta menyembuhkan bisul sampai ke akar-akarnya.
  8. KEMBUNG
    Penelitian yang dilakukan di India dan Jepang menyatakan bahwa madu yang diminum bersama kayu manis dapat mengurangi gas dalam perut.
  9. BAU NAPAS
    Satu sendok teh madu dan bubuk kayu manis yang dicampur dalam air panas dapat membuat nafas tetap segar sehari penuh. Orang Amerika Selatan biasa meminum ramuan tersebut di pagi hari.
  10. SAKIT KEPALA SINUS
    Minum campuran madu dan juice jeruk dapat menyembuhkan sakit kepala karena sinus.
  11. KELELAHAN
     Studi terakhir menunjukkan bahwa kandungan gula dalam madu lebih bermanfaat daripada merugi-kan bagi tubuh. Warga usia lanjut yang mengkonsumsi madu dan bubuk kayu manis dengan ukur-an sama, terbukti lebih bugar dan fleksibel. Penelitian Dr. Milton membuktikan ½ sendok makan madu yang diminum bersama segelas air dan ditaburi bubuk kayu manis dapat meningkatkan vitali-tas tubuh dalam seminggu. Ramuan tersebut diminum setiap hari setelah menggosok gigi dan jam 3 sore pada saat vitalitas tubuh menurun.
  12. KANKER
     Riset terakhir di Jepang dan Australia menunjukan bahwa kanker perut dan tulang stadium lanjut dapat disembuhkan dengan madu dan kayu manis. Pasien cukup minum 1 sendok makan madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis selama sebulan 3 kali sehari.
  13. KELEBIHAN BERAT BADAN
    Minum segelas air yang direbus bersama madu dan bubuk kayu manis setiap pagi ½ jam sebelum sarapan atau saat perut masih kosong. Bila dilakukan secara teratur dapat mengurangi berat badan, bahkan bagi orang yang sangat gemuk, minum ramuan ini secara teratur akan mencegah lemak terakumulasi dalam tubuh, meski tetap makan makanan kalori tinggi.
  14. INFLUENZA
    Ilmuwan Spanyol telah membuktikan bahwa madu berisi kandungan alami yang membunuh kuman influenza dan menyembuhkan pasien dari flu. Maka minumlah madu ketika akan flu.
  15. JERAWAT
    Oleskan 3 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis pada wajah sebelum tidur. Basuh keesokan harinya dengan air hangat. Bila dilakukan rutin setiap hari selama 2 minggu, akan menyembuhkan jerawat sampai ke akar-akarnya.
  16. INFEKSI KULIT
    Ambil 1 bagian madu dan 1 bagian bubuk kayu manis, oleskan pada bagian kulit yang sakit.
  17. MENCEGAH PENUAAN
    Teh yang dicampur madu dan bubuk kayu manis dan diminum tiap hari dapat mencegah penuaan. Ambil 4 sendok madu, 1 sendok bubuk kayu manis dan 3 cangkir air kemudian rebus seperti mem-buat teh. Minumlah sebanyak 4 kali sehari. Ramuan ini membuat kulit segar dan halus serta men-cegah penuaan. Harapan hidup juga bertambah
  18. ARTHRITIS (radang sendi / Encok)
    Ambil 1 bagian madu dan 2 bagian air suam-suam kuku. Tambahkan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis. Campur madu, air suam-suam kuku dan bubuk kayu manis. Pijat ke bagian yang sakit secara perlahan. Rasa sakit akan berkurang dalam waktu 1-2 menit. Atau penderita arthritis dapat minum 1 cangkir air panas dengan 2 sendok madu dan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis setiap hari, pagi dan malam.

    Bila diminum teratur, ramuan ini dapat mengobati penyakit arthritis kronis. Penelitian terakhir Copenhagen University menggunakan campuran 1 sendok makan madu dan ½ sendok teh bubuk kayu manis yang diberikan kepada pasien sebelum sarapan. Hasilnya dalam seminggu 73 dari 200 pasien yang diobati sembuh total. Kebanyakan pasien yang tidak dapat berjalan atau bergerak karena arthritis dapat berjalan tanpa rasa sakit.

  19. PENYAKIT JANTUNG
    Oleskan madu dan bubuk kayu manis pada roti pada waktu sarapan setiap harinya. Madu dan kayu manis mengurangi kolesterol dalam pembuluh arteri, dan mengurangi resiko serangan jantung. Orang yang sudah terkena serangan jantung bila mengkonsumsi madu dan kayu manis setiap hari dapat terhindar dari serangan jantung kedua. Konsumsi madu dan kayu manis secara teratur dapat memperlancar pernapasan dan memperkuat detak jantung. Panti Wredha (jompo) di Amerika dan Kanada, berhasil mengobati penghuninya yang memiliki gangguan pembuluh darah karena tersumbat, dan berkurang fleksibilitasnya karena usia, dengan ramuan tersebut.
  20. ANEMIA
    Bahan : 100g nanas, 75g seledri, 200cc susu segar, 1 sdt madu. Blender seledri yang sudah dicuci bersih dan potongan nanas hingga lumat. Masukkan susu segar dan madu, aduk hingga rata. Minuman ini cocok pula untuk penderita yang cepat lelah, letih, lemas, jantung berdebar dan sering lupa.
  21. BATUK
    Bahan : 150g madu, 50g gliserin, 2 buah jeruk lemon (diambil sarinya). Semua bahan dicampur rata menjadi obat batuk yang bisa disimpan dalam botol tertutup rapat. Resep lain :
    • Campurkan 2 sdt madu dan 2 sdt air jahe.
    • Campurkan 2 sdm air jeruk nipis, 1 sdm madu murni, dan 2 tetes minyak kayu putih, aduk rata dan minum 2 hari sekali.
  22. BOROK AKIBAT DIABETES
    Olesi borok dengan madu sekali sehari, tutup dengan kain kasa
  23. DARAH TINGGI
    Campur 1 sdt bawang putih halus dengan 2 sdt madu menjaga tekanan darah tetap stabil.
  24. DEMAM BERDARAH
    Campur 1 sdm (untuk orang dewasa) dan 1 sdt (untuk anak-anak) madu ke dalam segelas air 200ml, diminum 4-5 kali sehari.
  25. LUKA ATAU LECET & LUKA BAKAR
    Olesi dengan rata luka / luka bakar dengan madu dan tutup dengan perban. Cara ini akan mendinginkan, menghilangkan rasa sakit, dan membantu proses penyembuhan luka dengan cepat dan tanpa menimbulkan bekas luka. Cara ini tidak akan menyebabkan luka menempel pada perban.
  26. MEMPERBAIKI PENGLIHATAN
    Tambahkan 2 sdt madu pada jus wortel, konsumsi yang teratur akan meningkatkan penglihatan, terlebih untuk mereka yang banyak bekerja di depan komputer.
  27. MENYEHATKAN LAMBUNG
    Ambil 3 sdt madu tanpa air, diminum setiap pagi sebelum sarapan pagi. Setelah kira-kira 15 menit, minum satu gelas air hangat.
  28. MELANCARKAN BUANG AIR BESAR
    Bahan : 1 sdm madu & 1 sdt cuka apel. Masukkan madu dan cuka apel dalam air secukupnya sampai terasa enak. Diminum untuk melancarkan buang air besar, minuman madu – vinegar ini juga sangat baik untuk mengatasi keluhan sakit tulang dan persendian.
  29. MENGURANGI MUAL PADA KEHAMILAN MUDA
    Satu gelas jus wortel dicampur 1 sdm madu dan 1 sdt air jeruk nipis, diminum pagi hari sebelum sarapan.
  30. MEMPERLANCAR BUANG AIR KECIL
    Segelas sari mentimun dicampur 1 sdt madu dan 1 sdt air jeruk nipis, diminum 2x sehari.
  31. MENINGKATKAN GAIRAH SEKSUAL
    Bahan : 2 sdm air jeruk nipis, 1 kuning telur ayam kampung, ¼ sdt lada hitam, 1 sdm madu. Semua bahan diaduk rata, minum 3 hari sekali.
  32. NGOMPOL
    Satu sendok teh madu sebelum tidur membantu mengurangi ngompol pada anak.
  33. NORMALISASI ORGAN TUBUH & MENYEGARKAN URAT SYARAF
    Campur 1 ½ sdm madu dengan ¾ gelas air hangat, aduk dan minum. Lakukan setidaknya satu sampai dua kali sehari. Usahakan diminum sebelum makan atau paling tidak dua jam setelah makan.
  34. OSTEOPOROSIS (TULANG KEROPOS)
    Satu sendok teh madu setiap hari akan membantu penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah tulang keropos. Penting untuk usia 50 tahun keatas.
  35. NYERI SYARAF (NEURALGIA), TEKANAN DARAH TINGGI, PENGERASAN PEMBULUH DARAH, MENURUNKAN KOLESTEROL, HEPATITIS DAN MENCEGAH PENYAKIT KANKER
    Bahan : 100g asparagus, 200g wortel, 1 buah jeruk lemon, 100g seledri, 2 buah apel, madu dan air secukupnya. Potong semua bahan tsb dan blender hingga lumat, beri sedikit air, tambahkan madu dan beri air perasan jeruk lemon.
  36. SAKIT TENGGOROKAN
    Bahan : 150g madu, 50g gliserin, 2 buah jeruk lemon (ambil sarinya). Campur semua bahan, simpan dalam botol bersih dan tutup rapat. Minum jika anda terserang sakit tenggorokan.
  37. PELURUH KENCING
    Bahan : 30g kacang hijau, 30g daun sendok, 400cc air dan madu secukupnya. Rebus kacang hijau dan daun sendok bersama air hingga mendidih. Sesudah dingin, tambahkan madu secukupnya. Minum ramuan ini secara teratur sampai kencing tidak tersendat-sendat lagi.

Kembali ke Bee Knowledge

Copyright © 2014 MaduQueenBee.com
Website by Webtivia